Kesuksesan dan Keberhasilanmu Bergantung Pada Cintamu Kepada Allah SWT - SALIMNA
Artikel Terbaru
Loading...

Kamis, 27 Juni 2019

Kesuksesan dan Keberhasilanmu Bergantung Pada Cintamu Kepada Allah SWT

instagram.com/rr.lakshita


Seperti yang telah kita pahami, Allah swt menciptakan manusia untuk beribadah dengan arti yang luas. Yakni menjadikan seluruh aktifitas kesehariannya sebagai ibadah kepada Allah swt. Ibadah yang dimaksud bukan hanya ibadah dengan arti sempit seperti ritual solat, puasa ataupun haji saja, namun setiap aktifitas kita hendaknya diniatkan untuk ibadah.

Allah swt berfirman,
فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَٱبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ كَثِيرٗا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ
“Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan banyaklah mengingat Allah agar kamu beruntung.” (QS.Al-Jumu’ah:10)

Ayat diatas memberi kita gambaran yang luas bahwa Allah swt menggandengkan perintah solat dengan perintah mencari nafkah, artinya ibadah yang diinginkan oleh agama bukan hanya ibadah ritual namun juga ibadah sosial.

Dalam ayat lainnya akan kita temukan bagaimana Allah menggandengkan antara “jihad” dalam mencari nafkah dan jihad di medan perang dan .

وَءَاخَرُونَ يَضۡرِبُونَ فِي ٱلۡأَرۡضِ يَبۡتَغُونَ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَءَاخَرُونَ يُقَٰتِلُونَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِۖ

“Dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah.” (QS.Al-Muzzammil:20)

Dari dua ayat ini kita dapat menangkap kesimpulan bahwa agama tidak ingin memisahkan antara urusan dunia dengan urusan akhirat. Sebagaimana kita diminta untuk menghadap Allah dengan penuh kekhusyu’an, kita juga diajak untuk serius dalam bekerja dan mencari nafkah, seakan kita akan hidup di dunia ini selamanya.

Namun bagian akhir ayat diatas adalah kuncinya. Allah mengakhiri ayat tersebut dengan firman-Nya,

وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ كَثِيرٗا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ

“Dan banyaklah mengingat Allah agar kamu beruntung.”

Maka disinilah semua menjadi jelas. Bahwa ternyata kesuksesan dan keberhasilanmu bergantung pada fokusmu dalam mengingat Allah swt.

Ingatlah Allah dalam solatmu sehingga solat itu menjadi khusyu’ dan bernilai…

Dan jangan lupa untuk mengingat Allah dalam aktifitas harianmu sehingga seluruh aktifitas itu menjadi ibadah…

Dengan selalu mengingat Allah dalam setiap gerak gerikmu maka pekerjaanmu, candamu, bicaramu, istirahatmu akan memiliki nilai dihadapan Allah swt. Semua aktifitasmu menjadi ibadah dan hidupmu akan dipenuhi dengan keberkahan.

Bahkan Rasulullah saw pernah bersabda,

العِبَادَةُ سَبْعُوْنَ جُزْءاً أَفْضَلُهَا طَلَبُ الْحَلَالِ

“Ibadah memiliki 70 bagian dan yang paling utama adalah mencari (nafkah) yang halal.”

Semoga bermanfaat ..

Yuk Share Agar Viral

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done